Ikuti Kami:

Ragam

Sepasang Elang Dilepasliarkan di Kawasan Hutan Taman Wisata Gunung Papandayan

Diterbitkan:

|

JMNChannel.com | CIAMIS – Sepasang Elang jenis Ular Bido Surmi dan Miu dilepasliarkan di Kawasan Hutan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan, Blok Darajat, Kecamatan Pasirwangi pada Kamis (9/9/2021).

Sebelumnya, dua ekor Elang tersebut menjalani masa rehabilitasi selama kurang lebih dua tahun di Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK).

Satwa dilindungi itu sempat dipelihara oleh warga, sehingga pelepasliaran dimaksudkan supaya bisa kembali ke alam liar dan bisa berkembang biak.

Baca Juga:  Borong BTS Meal Untuk Dibuat Es Krim, Sisca Kohl Bikin Netizen Tercengang

Pelepasliaran itu juga, sekaligus menjadi bagian dari program Pelepasliaran Satwa Serentak Nasional tahun 2021 yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta program Living In Harmony With Nature melestarikan satwa liar nasional.

Kepala Bidang Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ciamis Andi Witria Rudianto mengatakan, dua elang yang dilepaskan merupakan penyerahan warga kepada BKSDA Wilayah III Ciamis yang kemudian diserahkan kembali ke Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga:  Museum Geologi Kota Bandung Akan Kembali Dibuka Untuk Masyarakat Umum

“Setelah menjalani rehabilitasi di PKEK, kemudian dipandang layak untuk dilepasliarkan kembali, maka kami lepaskan,” kata Andi.

Laman: 1 2