Ikuti Kami:

Bisnis

DPRD Jabar Soroti Minimnya Informasi Variasi Bibit Unggul Kepada Petani

Diterbitkan:

|

DPRD Jabar kunjungi balai pengawasan benih Subang. (Foto: Humas DPRD Jabar)

JMNChannel.com | SUBANG – DPRD Provinsi Jawa Barat menyoroti masih minimnya informasi terkait variasi bibit benih unggul kepada para petani membuat kualitas hasil produk petani tidak berkembang dan banyak mengalami persoalan.

Anggota Komisi II DPRD Jabar Faizal Hafan mengatakan, jika menjaga variasi jenis pada benih sangat diperlukan oleh para petani. Pasalnya, Jabar terkenal sebagai lumbung padi nasional.

“Kita melihat kondisi ini, bahwa menjaga variasi sangat diperlukan karena ciri khas dari masyarakat Indonesia. Artinya kalau mungkin ini bisa dikelola dengan baik, bibitnya dan pertumbuhan padi serta kualitas kan lebih terjamin,” kata faizal di Kabupaten Subang, Senin (20/9/2021).

Baca Juga:  Minyak Goreng Langka, Kemendag Ungkap Masalah yang Jadi Biang Keroknya

Pihaknya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dapat memberi dukungan terkait sarana dan prasarana dalam proses penelitian dan sertifikasi untuk menghasilkan bibit unggul yang berkualitas.

Baca Juga:  Budidaya Lebah Madu di Desa Lengansari Lembang Tembus Pasar Mancanegara

“Ini perlu didukung dengan sarana yang paling penting yaitu laboratorium. Nah kita selama ini hasilnya masih sangat minim pada proses pelaksanaannya sehingga banyak dikerjakan secara manual,” ucapnya.

Laman: 1 2