Ikuti Kami:

Kesehatan

Benarkah Virus Corona ‘Mu’ Muncul dan Lebih Ganas dari Varian Delta?

Diterbitkan:

|

JMNChannel.com | JAKARTA – Kasus virus corona hingga saat ini masih menghantui beberapa wilayah di dunia. Baru-baru ini virus corona “Mu” muncul dan berpotensi lebih berbahaya dari varian virus corona lainnya.

Varian Mu atau juga dikenal sebagai B.1.621 disebut-sebut mampu menghindari kekebalan tubuh dan lebih ganas dari virus corona varian delta. Namun, klaim tersebut belum sepenuhnya benar karena masih dalam tahap penelitian

Varian ini pertama kali ditemukan di Colombia, dan telah ditetapkan WHO sebagai varian yang diamati atau varian of interest (VOI) per 30 Agustus 2021.

Baca Juga:  Dorr! Ada Peluru Nyasar ke Rumah Warga di Cibungbulang Bogor

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyampaikan berdasarkan hasil whole genome sequencing (WGS) per 6 September 2021, varian ini tidak ditemukan di Indonesia. Pemerintah pun melakukan sejumlah langkah agar Varian Mu tidak masuk ke Indonesia.

Baca Juga:  Bocah 10 Tahun Jadi Yatim Piatu Setelah Ibu Bapaknya Meninggal Akibat Covid-19

“Dalam hal ini pemerintah senantiasa berupaya mencegah masuknya varian baru dari luar Indonesia melalui pengetatan kebijakan karantina internasional, entry dan exit testing, serta persyaratan vaksin,” ujarnya di Graha BNPB, Selasa (7/9/2021), dikutip dari laman Covid19.go.id.

Laman: 1 2 3