Ikuti Kami:

Video

Dedi Mulyadi Heran, Profesi ini Dikerjakan WNA China, Orang Indonesia Ga Bisa?

Diterbitkan:

|

JMNChannel.com | Dedi Mulyadi heran saat menemukan Warga Negara Asing (WNA) asal China yang bekerja menjadi pencatat keluar masuk barang dan mobil dari pabrik.

Kejadian itu bermula saat Dedi Mulyadi akan menemui kembali warga Kecamatan Sukasari yang hutan bambunya dibabat oleh orang mengaku memiliki izin perhutanan sosial untuk dijadikan kebun pisang.

Di perjalanan Dedi melihat sebuah truk semen besar yang melintas. Rupanya truk tersebut menuju ke pabrik hebel yang berada di jalur Maracang-Babakan Cikao.

Akhirnya ia menuju ke pabrik tersebut untuk meminta penjelasan. Sesampainya di sana Dedi bertemu dengan dua orang pria penjaga yang bertugas mencatat keluar masuk barang dan mobil.

Baca Juga:  Hasil Evaluasi PPKM, Polri Akhirnya Resmi Terbitkan Izin Liga 1 2021

Salah satu pria tersebut rupanya seorang WNA China yang mengaku bernama Lauchen. WNA tersebut terlihat tidak bisa menjawab pertanyaan Dedi yang menanyakan siapa penanggung jawab perusahaan.

Ia mengaku hanya tahu bahwa bosnya bernama Tayo yang juga seorang WNA China sedang pulang ke negara asalnya.

“Saya enggak tahu,” ucap WNA yang tidak fasih berbahasa Indonesia itu.

Sementara itu pria lainnya yang bekerja di tempat tersebut membenarkan jika Lauchen adalah seorang WNA China bertugas mencatat keluar masuk barang dan mobil atau biasa disebut DO.

Karena tak mendapat penjelasan mengenai perusahaan tersebut Dedi pun langsung meninggalkan lokasi untuk melanjutkan perjalanan menemui warga di Kecamatan Sukasari.

Baca Juga:  Ma’ruf Amin Sebut Pemerintah Bakal Larang Peredaran Rokok Elektrik

Dalam perjalanan Dedi menelepon seorang pejabat Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Purwakarta untuk memberikan saran atas apa yang menjadi temuannya.

Salah satunya ia menyarankan agar pemerintah tegas melarang truk bertonase besar melintas jalan tersebut.

Selain itu Dedi juga menelepon Kepala Disnakertrans Kabupaten Purwakarta Titov Firman untuk menanyakan apakah boleh dan lazim seorang WNA bekerja menjadi petugas pencatat keluar masuk barang dan mobil di sebuah perusahaan.

Selengkapnya di Youtube JMN Channel atau baca di link bio, bisa di aplikasi jabarnews dengan download di app store dan google play atau kunjungi: https://www.jabarnews.com

Selengkapnya, klik: https://www.youtube.com/c/JabarNews/videos