Ikuti Kami:

Peristiwa

Kapal Nelayan Belawan Tenggelam, Nahkoda dan ABK Ditemukan Tak Bernyawa

Diterbitkan:

|

JMNChannel.com | Nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK) di kapal nelayan KM United 60 GT asal Belawan ditemukan mengapung di perairan pulau Berhala, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis (5/8/2021).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I) Laksamana TNI Achmad Wibisono mengatakan, kapal Satrol Lantamal I, KAL Tarihu milik TNI AL yang dikomandani Kapten Laut (P) Joserizal berhasil menemukan jasad nahkoda, Junianto dan ABK, Situmorang mengapung tidak jauh dari lokasi KM United terbakar lalu karam di perairan pulau Berhala.

“Tadi siang, KAL Tarihu menemukan kedua korban dalam kondisi meninggal dunia di sekitar lokasi kapal terbakar,” katanya.

Baca Juga:  Menparekraf Dorong Peningkatan Wisata Edukasi Peternakan Desa Cisande Sukabumi

Kata dia, upaya pertolongan dan pencarian ini merupakan implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono. 

Jajaran TNI AL ditekankan agar memanfaatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun Alutsista untuk kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR.

“Kedua jasad tersebut dievaluasi kemudian diserahkan ke Dirpolairud Polda Sumatera Utara dan selanjutnya diproses untuk diserahkan ke pihak keluarga,” ungkap Laksamana TNI Achmad Wibisono 

Baca Juga:  Aksi Heroik Anggota TNI AL, Selamatkan Bocah Tenggelam di Laut

Terpisah, Humas kantor SAR Medan, Sariman Sitorus mengatakan, jasad Nahkoda dan seorang ABK KM United berhasil ditemukan setelah dua hari tim SAR gabungan melakukan pencarian di sekitar perairan pulau Berhala.

“Nahkoda dan ABK yang dilaporkan hilang, tadi berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia,” ucapnya.(Ptr)

Selengkapnya, klik: https://www.jabarnews.com